Bagaimana memulai Bisnis Online yang sukses dari nol tanpa stress

Internet Entrepreneur

Bagaimana memulai Bisnis Online yang sukses dari nol tanpa stress

Anda seorang pebisnis? atau baru mulai bisnis tapi sudah merasakan penat di awal memulai, stress berkelanjutan karena bisnis yang di jalankan tidak berjalan lancar?

Wajar, setiap orang pasti merasakannya termasuk Saya. Mengalami stress karena bisnis adalah hal yang wajar, apalagi menggeluti bidang bisnis online, perlu strategi ini dan itu untuk mempertahankan eksistensi bisnis agar tetap mendatangkan customer, tetapi jika ada cara memulai bisnis online tanpa stress kenapa tidak dicoba?

Let me tell you something..

Saya ingat persis ada suatu ketika di pagi hari dimana saya harus bangun untuk kerja, tapi sayanya malas untuk bangun. Rasanya otot-otot tubuh saya pegal semua, tapi saya tahu itu tidak masuk akal kalau dijadikan alasan untuk tidak bangun. Saya sudah terbiasa nge-gym sehingga tidak mungkin otot saya masih pegal. Saya merasa pusing, sedangkan saya tidak merasa sakit. Dalam benak saya waktu itu, saya berharap saya masih punya BOSS dan memecat saya segera agar saya bisa terjaga dari mimpi buruk ini dan bangun dari tempat tidur saya.

Saya heran bagaimana saya bisa menjadi seperti ini? Beberapa tahun yang lalu saya mati-matian resign dari pekerjaan saya agar saya jadi boss sendiri, jadi seorang entrepreneur dan punya perusahaan sendiri. Terlepas dari kesalahan demi kesalahan sepanjang saya membangun bisnis, saya belajar banyak. Beberapa usaha online yang saya bangun berhasil dan profit. Di Alona sendiri, saya dan partner saya Rico Huang terus memberikan value kepada orang-orang dan sudah mengubah hidup banyak orang. Tapi ada yang salah di dalam diri saya.

Saya mulai corat-coret papan tulis di ruangan kerja saya. Mencoba untuk menemukan alasan kenapa saya begitu “galau”. Dalam hati kecil saya bilang, ada yang tidak beres.

Kemudian saya menuliskan 2 pertanyaan simpel :

“Siapa customer impian saya?”
“Bagaimana saya bisa membantunya?”

Sebelumnya saya mencoba untuk berjualan ke semua orang, sebanyak mungkin dan sesering mungkin. Dan itu membuat saya frustasi dan capek.

Setelah saya menggambarkan seperti apa customer impian saya, saya mulai berpikir bagaimana saya bisa mendeliver value buat mereka. Bagaimana saya bisa membantu mereka.

Kemudian muncul lagi 2 pertanyaan simpel selanjutnya :

“Dimana saya bisa menemukan orang-orang seperti itu?”
“Apa yang bisa digunakan untuk menarik perhatian mereka?”

4 pertanyaan ini adalah rumus rahasia ketika Anda ingin menumbuhkan bisnis Anda secara online.

Who? Siapa customer impian Anda?
How? Bagaimana Anda bisa membantunya?
Where? Dimana Anda bisa menemukan orang-orang seperti itu?
What? Apa yang bisa digunakan untuk menarik perhatian mereka? Pertama, Dimulai dari siapa customer impian Anda.

Saya bahas satu persatu,

Pertama, Dimulai dari siapa customer impian Anda.

Kebanyakan dari kita sering memulai bisnis dengan memikirkan produk apa terlebih dulu. Bukannya memikirkan siapa yang kita inginkan menjadi mitra bisnis kita.

Ketika saya bilang mitra bisnis, itu bisa jadi klien kita, customers kita, vendor kita dan pihak ketiga lainnya.

Dan ironinya adalah, Anda akan menghabiskan lebih banyak waktu bersama mereka-mereka ini ketimbang teman-teman Anda ataupun keluarga Anda.

Kita sering terjebak. Ketika milih pasangan hidup, ada yang rela jomblo selama bertahun-tahun hanya untuk menemukan yang PAS, yang bisa sehidup semati.

Lalu kenapa Anda tidak memberlakukan standar yang sama untuk memilih dengan siapa saja Anda ingin bermitra? Siapa customer / klien impian Anda?

Mungkin di awal memulai bisnis, Anda merasa ini tidak terlalu penting. Tapi percaya sama saya, ketika bisnis Anda sudah mulai grow nantinya, Anda akan merasakan apa yang saya rasakan ketika bangun di pagi hari. Mulai berpikir, nyari duit kok gitu amat ya?

Wajar. Karena Anda bekerja sama dengan orang-orang yang membuat Anda capek, dan Anda berharap Anda bisa dipecat seketika juga langsung dari bisnis Anda sendiri.

Setelah saya berhasil jualan online dengan metode dropshipping sampai akhirnya import dan stok sendiri, banyak orang mulai bertanya-tanya ke saya bagaimana caranya untuk bisa punya penghasilan dari online.

Dari situ lah, Saya mulai mengajari “How to make money online from online business”

Saya punya begitu banyak value yang ingin saya berikan ke orang-orang bagaimana ketika saya dan partner saya 10x perusahaan kita, mengajarkan tentang strategi meningkatkan konversi penjualan, dan bongkar funnels – funnels kita namun ternyata 90% waktu saya harus terbuang di hal-hal basic seperti ngajarin mereka setup facebook fan page dan beli domain-hosting.

Saya dan partner saya Rico, menghabiskan waktu cukup lama melayani customer seperti ini, dan itu membuat saya mati segan hidup enggan. Seriously. Terlepas dari berapa banyak uang yang berhasil saya dapatkan. Sampai akhirnya saya intropeksi, dan benar-benar memikirkan kata kunci “Siapa” ini.

Pertanyaan kedua, lebih banyak hal yang perlu di jawab.

Siapa klien impian saya?
Seperti apa tampang mereka?
Apa yang mereka senangi?
Apa tujuan hidup mereka, cita-cita mereka, impian mereka?

Anda bisa membuat ilustrasi seperti ini:

Misalnya buat dua avatar cowok dan cewek namanya Andrew dan Angel

Tuliskan sifat-sifat mereka yang Anda harapkan sebagai customer impian Anda.

Ilustrasi Avatar Customer Impian
Courtesy by : Aaron Blenda

Anda harus mencoba menggambarkan avatar Anda sebaik mungkin, se-visual mungkin karena hasilnya akan jauh lebih baik ketimbang Anda hanya memikirkannya dalam kepala.

Setelah Anda tau siapa customer impian Anda, kita masuk ke pertanyaan kedua. Dimana Anda bisa menemukan customer impian Anda?

Anda harus tau dimana biasanya mereka nongkrong kalo online? Mereka suka ngerumpi di forum apa? Aktif di sosmed apa? Kalau ada FB Grup khusus, apa nama fb grupnya? Mereka senang menerima email dari siapa dan company apa?

Jadi kalau Anda tidak tahu siapa customer ideal Anda, maka besar kemungkinan Anda tidak akan tau dimana Anda bisa menemukan mereka di online.

Pertanyaan ketiga, Apa yang bisa Anda gunakan untuk menarik perhatian mereka? Umpan apa yang akan Anda pakai?

Ibarat mancing ikan di empang dengan mancing di laut, umpan yang digunakan tentunya berbeda. Ikan laut tidak akan tertarik dengan umpan ikan empang, begitu juga sebaliknya.

Umpan yang digunakan untuk menarik perhatian customer impian Anda bisa berupa buku, CD, DVD, Cheat sheet, audio recording, tutorial and many more.

Misalkan ketika saya mulai merubah segmen market saya dari pemula menjadi customer impian seperti Andrew dan Angel tadi, maka saya membuat umpan yang menarik buat si Andrew dan Angel.

Saya menulis buku berjudul Facebook Ads Mastery. Umpan ini berhasil karena kebanyakan pemula tidak mengerti apa itu Facebook Ads. Tapi saya tau Andrew dan Angel akan tau istilah Facebook Ads dan mereka akan berusaha mendapatkan buku tersebut. Dan hanya dalam beberapa hari saja penjualan buku tembus ribuan pcs.

Ketika Anda sudah paham apa yang diinginkan oleh customer impian Anda, akan menjadi lebih mudah buat Anda untuk menarik perhatian mereka.

Pertanyaan terakhir, bagaimana Anda bisa membantunya?

Setelah umpan Anda berhasil, yang harus Anda pikirkan selanjutnya adalah bagaimana Anda bisa membantu mereka mencapai hasil yang mereka inginkan.

Saya tidak berbicara tentang produk ataupun jasa. Saya berbicara tentang hasil yang bisa Anda berikan untuk customer impian Anda. Ketika Anda dan customer impian Anda mengerti konsep ini, maka Anda akan jauh dari yang namanya perang harga.

Yang bisa saya lakukan untuk memberikan hasil terbaik buat customer impian saya adalah dengan membantu mereka membuat sales funnel, membuat sistem pemasaran online yang bisa terus-terusan mendatangkan calon customer / leads buat mereka.

Itu adalah level penawaran tertinggi dari saya. Akan tetapi harganya tidak murah karena support yang saya berikan akan melebihi ekspektasi mereka. Saya akan ngecharge biaya jasa dan juga meminta sharing profit.

Tidak semua customer saya mampu oleh karena itu saya juga mengembangkan produk dan layanan baru kemudian menawarkannya kepada mereka tapi Anda harus tau dimana level penawaran tertinggi yang bisa Anda berikan ke customer Anda untuk membantu mereka mendapatkan hasil yang mereka inginkan.

Bayangkan saja jika customer Anda berani membayar Anda berapapun yang Anda minta, apakah Anda akan menjamin keberhasilan mereka? Seberapa besar effort yang kira-kira akan Anda keluarkan untuk membantu mereka?

So, jawablah 4 pertanyaan diatas, maka Anda sudah dalam langkah tepat untuk memulai bisnis online dari nol dan tidak stress.

Anda bisa menonton full version video nya di bawah ini ya..

Tags: , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *